Di dalam-Mu Aku Mengerti Siapa Diriku dan Siapa Diri Mereka sebab Tentunya Kita Berbeda Dalam Sudut Pandang tetapi Engkau Mempersatukan Kita dalam Satu Pengertian Untuk Memahami Kekurangan Setiap Kita. “Kaulah Pendidikan”

Aku mengerti siapa diriku sebenarnya karna akulah pemiliknya dan aku pun tau bahwa aku akan bertumbuh meranjak dewasa ketika aku terlahir ke dunia ini dengan menghadirkan berbagai hal yang berbeda memberikanku pertanyaan tersendiri bahwa apaka arti dari semua ini dan bagaimana aku dapat mengerti untuk membedakanya dan apakah hanyalah aku seseorang yang menjalani kehidupan ini?
Tentunya tidak. Sebab ada mereka yang lain di sekitarku memiliki senada yang sama dengan apa yang kurasaka bahwa kita bersama-sama berada dalam sebua pengharapan bagaimana kita bisa dapat mengerti perbedaan itu dan bagaimana kita bisa dipersatukan untuk memahami kekurangan kita.

Di samping itu seperti yang kita ketahui bersama bahwa tentunya Agama juga sangat berperan penting sehingga ia menghadirkan berbagai ajaran-ajaran yang baik. Setiap kita pastinya menganut kepercayaan yang berbeda namun dalam hal ini, akau ingin mengekspresikan menurut agamaku Kristen protestan. Tuhan menciptakan kita ke dunia ini karena ada alasan dan ia mempunyai tujuan bagi setiap manusia. Namun secara pribadi sebagai manusia ketika kita terlahir ke dunia ini dengan melihat setiap diri kita, melihat perbedaan kita, dan pastinya ada muncul sebua pertanyaan yang tersirat secara langsung bahkan tidak langsung keluar dari dalam lubuk hati kita melalui sebua ekspresi yang berbeda sesuai kepercayaan kita untuk menaikan pergumulan secara pribadi dalam Doa. Tuhan bagaimana aku bisa mengerti diriku dan mereka, dan bagaimana kita bisa dipersatukan dalam satu pengertian untuk memahami kekurangan kita masing-masing.

Tentunya, Tuhan mempunya cara tersendiri untuk menjawab pertanyaan kita oleh karena itu ia menghadirka sebua pendidikan dengan tujuan bahwa dengan adanya pendidikan akan menjadikan manusia menjadi dewasa melalui proses pembebasan pikiran dan pengenalan diri tentunya dengan sendirinya manusia dapat memahami dirinya sebab hadirnya sekolah dan disitu mereka bisa belajar.

Beberapa orang berpendapat bahwa, setiap kita harus memiliki kesempatan untuk berpendidikan dan kita juga harus menyakini bahwa sekolah dan pendidikan merupakan sebuah keharusan yang harus dijalankan oleh setiap kita. Sebab mereka yang pintar adalah mereka yang rajin ke sekolah. Sebaliknya mereka yang tidak rajin adalah mereka tidak ke sekolah maka mereka tidak pintar. Mengapa, Sebab dari pendidikan menghadirkan sekolah dan dari sekolah akan memberikan kesempatan untuk belajar karena dengan belajar kita mengerti untuk dapat membedakan diri kita secara individual.

Aku berpikir bahwa, pendidikan adalah sebagai rumah dimana memberikan tempat buat kita untuk bernaung pada waku hujan, panas, atau pun badai sekalipun sebab dengan adanya sebua rumah kita bisa dapat terlindung dari hal-hal tersebut. Maksudnya ketika kita melihat dalam perkembangan masa kini, secara tidak langsung kita mengetahui bersama bahwa, perkembangan globlisasi yang semakin kuat kini sedang menyapa kita dengan menghadirkan berbagai gesekan-gesekan yang berujung pada perpecahan nilai-nilai norma sosial kemsyarakatan yang telah terbangun sejak dulu kala namun muda di pengaruhi oleh perkembangan masa kini yang berdampak pada seluruh aspek sosial kehidupan dikarenakan bahwa kita belum memahami sepenuhnya tentang pentingnya pendidikan itu bagi setiap kita. Oleh karena itu, kita kekurangan masalah pengetahuan hingga kita tak bisa menghadapi tantangan demikian. Maka dengan itu, hanyalah pendidikan menjadi landasan harapan buat kita dan itu akan melindungi kita dari semua ancaman-ancaman tersebut dan dalam pendidikan pula kita akan bersatu untuk belajar. Sebab hanya orang-orang terpelajar sajalah yang mengerti untuk mengatasi persoalan-persoalan demikian karena mereka telah dididik oleh sebua pengetahuan.

Seperti yang telah kukatakan di atas bahwa aku terlahir ke dunia ini dengan menjumpai berbagai perbedaan dan bagaimana aku dapat mengerti perbedaan itu secara pribadi dan mereka. Sebab tentunya kita berbeda dalam sudut pandang tetapi aku yakin bahwa pendidikan mempersatukan kita dalam satu pengertian untuk memahami setiap kekurangan kita.

Aku berpikir juga bahwa, Pendidikan adalah jawaban atas diriku dan mereka ketika bagaimana aku bisa mengenal diriku lebih dulu sebelum mengenal diri mereka sebab pendidikan memberikan kepadaku sebua pembelajaran. Pembelajaran adalah memberikan bantuan agar pembelajar mampu membangun diri sendiri dengan mengelolah dan memberi makna atas pengetahuan dan pengelaman yang diperolehnya.

Kita harus merasa memiliki pendidikan itu sebab dengan pendidikan manusia dapat mempunyai kemampuan-kemampuan mengatur dan mengontrol serta menentukan dirinya sendiri, Melalui pendidikan pula perkembangan kepribadian manusia dapat diarahkan kepada yang baik. Dan melalui pendidikan kemampuan tingkah laku manusia dapat didekati dan dianalisi secara murni.

Maka dengan pendidikan aku dapat mengenal diriku dan diri mereka serta saling memahami kekurangan dan aku mengerti untuk melengkapi kekurangan itu bersama mereka.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.